Jumat, 05 Mei 2023

Cara Setting LPD sebagai Alternatif Samba Printer Sharing

 Akhir-akhir ini saya mengalami masalah yang cukup membuat frustasi ketika harus mencetak dokumen dari Ubuntu 18.04 ke shared printer di Windows via protokol Samba. Setiap kali mencetak selalu muncul notifikasi “held for authentication” dan ketika saya masukkan username dan password, hasilnya tetap nihil – perintah mencentak dokumen gagal dikirim ke printer.


Setelah browsing sana-sini, akhirnya solusinya berhasil saya temukan. Selain Samba, ternyata ada protokol sharing printer lain yang bisa digunakan di jaringan komputer multi-sistem operasi. Namanya Line Printer Daemon (LPD). Protokol ini pertama kali diimplementasikan pada Berkeley printing system di OS BSD UNIX di tahun 90an. LPD juga didukung oleh protokol yang lebih umum seperti CUPS (Common UNIX Printing System) dan IPP (Internet Printing Protocol).

Tanpa banyak basa-basi. Berikut cara setting LPD pada OS Windows 10 sebagai host dan GNU/Linux sebagai komputer client.

Setting di Windows 10 (Host)

  • Pastikan di komputer ini sudah terinstal driver printer yang akan di-shared dan printer dalam posisi on. Untuk memudahkan setting, gunakan nama tanpa spasi dan karakter khusus untuk nama printernya.
  • Selanjutnya, silakan masuk ke Control Panel > Programs and Features > Turn Windows features on or off . Klik tanda [+] pada Print and Document Services lalu kasih tanda centang untuk opsi LPD Print Service.
  • Silakan klik OK dan tunggu prosesnya hingga selesai. 























    Setting di GNU/Linux (client)

  • Buka Printer Settings, Klik Unlock lalu masukkan password admin
  • Klik [+] Add Printer
  • Klik Network Printer, lalu pilih LPD/LPR Host or Printer.
    Pada bagian Host, isi dengan IP address komputer host.
    Pada bagian Queue, isi dengan nama printer yang di-shared. Jika nama printer memakai spasi, gunakan karakter %20 untuk menggantikan spasi.
  • Klik Probe. Jika ada prompt autentikasi, silakan masukkan username dan password.
  • Klik Forward, lalu pilih driver printer sesuai vendor dan jenis printer yang di-shared. Jika model printer tidak ditemukan, berarti driver belum tersedia di sistem. Silakan browsing di Internet dan instal dulu driver yang dibutuhkan.
  • Klik OK, atau coba Print Test Page. Jika dokumen test page bisa tercetak, berarti Anda sudah berhasil menambahkan printer dengan benar.  
Selamat mencetak. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar